Sunday, December 09, 2007

iPhone as Sneaky Cam?



iPhone produk hype 2007 vs gadget tua buatan tahun 2003?
iPhone yang bisa telepon, web browsing, ada iPod dengan MacOS X dibandingkan dengan Sony Clie PEG UX50 yang menggunakan ill-fated PalmOS?
iPhone yang didaulat menjadi inovasi tahun ini oleh majalah Time disanding dengan ... ah sudahlah.
Yha jelas Sony Clie PEG UX50 ngga ada apa-apanya di banding gadget pujaan jutaan manusia, iPhone.

Tapi, untuk suatu kebutuhan tertentu sangat payah buat gue. Kebutuhan tersebut adalah melakukan kegiatan merekam gambar foto/video secara diam-diam. Maklum, gue hobi banget merekam situasi dan object dengan sneaky-sneaky. Karena pada dasarnya, gue kalau sudah nge-blog wajib hukumnya pakai informasi gambar. Contohnya saat merekam fenomena unik wanita-wanita Kuwait yang getol pakai boot menjelang winter.

Kalau sudah urusan sneaky shot, favorit gue adalah handphone SonyEricsson W710i dan Sony Clie PEG-UX50. Gue bisa merekam diam-diam seolah-olah sedang menelepon atau mencatat di PDA. Sementara, iPhone memang hebat dari segi kualitas jepretan gambar tapi :

- Tombol jepretan bukan menggunakan tombol Home, tapi harus meraba-raba tombol di area multi-touch screen. Beberapa kali gagal rekam, karena posisi jari tidak pada tombol jepretan

- Sulit untuk mengira-ngira komposisi gambar object yang direkam, seringkali out-frame. Jika menggunakan Clie, gue bisa tetap membidik tepat sasaran dengan gesture seolah-olah sedang menulis sesuatu distylus gue

- Fix camera position membuat sulit untuk mengarahkan mata kamera ke object. Dengan Clie, kamera bisa dirotate disesuaikan tingkat kemiringan tangan saat memegang Clie

- Worst of all, iPhone tidak bisa merekam video! Terutama saat mengabadikan peristiwa yang membutuhkan informasi audio video.

- Jika sesuatu terjadi - ketahuan motret object sensitif dan gadget disita pihak yang keberatan - maka hasil jepretan gambar terpaksa ikut tersita. Sementara, jika menggunakan Clie PEG UX-50, gue tinggal cabut Memory Stick dan diumpetin :D

Sementara ini, untuk kebutuhan sneaky cam gue terpaksa membawa minimal 2 gadget sekaligus : iPhone dan my beloved old Sony Clie PEG-UX50.

2 comments:

azfaAZ said...

waaaah... ternyata tukang ngintip...
besok2 nerbitin film candid camera? hehehe

Pinot W. Ichwandardi said...

Maklum, baru nemu2 fenomena tidak biasa di negeri ini. Sayang kalo ngga di 'intip' dan direkam :D