Sunday, August 06, 2006

Sampah Barang-barang Apple & Mac


(click to enlarge)

Akibat gue ngoprek-ngoprek kardus di gudang cari stiker logo sixcolors Apple gue, maka berjumpalah gue dengan berbagai 'sampah' koleksi barang-barang berbau Apple & Mac yang gue kumpulin bertahun-tahun. Dari tumpukan barang-barang tersebut, gue kumpulin yang terfavorit seperti terlihat di foto atas. Gue coba jelaskan satu persatu tentang sampah-sampah tersebut :



  1. Majalah BusinessWeek terbitan yang membahas debut iPod mini - Februari 2004

  2. Majalah Fortune yang membahas kepiawaian Steve Jobs menyelamatkan Apple dari jurang keterpurukan dengan strategi baru : MacOS X - Januari 2000

  3. Majalah BusinessWeek dengan cover story tentang Apple yang lagi terpuruk & sekarat - Februari 1996

  4. Map produk Apple dari Singapura saat launching G4, Titanium & iMac baru di tahun 2001

  5. Majalah Fortune yang membahas kesehatan perusahaan Apple dan peluncuran MacOS Tiger - Februari 2005 "Our DNA Hasn't Changed"

  6. Brosur peluncuran MacOS 8.5 - Remember the famous Sherlock?

  7. Macintosh Buyer's Guide 1985 (sampah tertua!) - Gue sudah kadung ngefans dengan Macintosh gara-gara sodara gue pulang dari Amrik bawak Mac 512k di tahun 1985. Karena tahu ngga bakal bisa beliin Mac yang sama, bokap gue pas pulang dari Jepun bawa oleh-oleh 'Mac Buyer's Guide' yang dibeli di Rubino Bandara Soekarno-Hatta.

  8. Apple Guide to Desktop Publishing - Summer 1989 - awal-awal kelahiran DTP di akhir 80-an dengan software-software jawara : MacPaint, PixelPaint, Studio/8, SuperPaint, Aldus Freehand, Adobe Illustrator 88, MacDraw, Canvas, PageMaker, QuarkXPress, ReadySetGo, Aldus Persuasion, MM Director, HyperCard etc. Dari beberapa software tersebut, mana yang sudah almarhum ya?

  9. Brosur produk MacClassic, MacSE/30, MacPortable, Mac LC, Mac II si, Mac II ci, Mac II fx (nyomot di jl. Dayang Sumbi, Bandung tahun 1990 :D) - tercanggih saat itu adalah Mac IIfx dengan spec dasyat : clock speed 40 mHz, RAM 4 mb expandable to 32 mb, 6 NuBus slots, HD 80 mb/160 mb, Processor Direct Slot. Cuma kaum borjuis saja yang mampu beli saat itu : US$ 9,800. Wakakakakakak.. the latest QuadCore G5 aja ngga sampe segitu harganya.

  10. Apple Product Guide - Agustus 1995

  11. Brosur PowerBook 170 - specs : 25 mHz, RAM 4 mb (expandable to 8 mb), HD 40 mb, 10 inch LCD Display (black & white!)

  12. Brosur PowerBook Titanium G4 - ultrafast ultrathin ultralight


Ini belum termasuk koleksi majalah-majalah tua berdebu MacWorld, MacUser, MacWeek & MacAddict. Dita, istri gue, sudah memberikan wacana untuk dikiloin saja dari pada menuh-menuhin gudang. Tapi gue bilang, 10 - 20 tahun lagi siapa tahu bisa jadi kolektor item. Lumayan buat biaya kuliah anak gue si Arwen... wakakakakakakak

Dan.. btw.. gue masih belum nemu juga tuh stiker gue tahuh mana :P

2 comments:

Anonymous said...

anjrit jadul juga yach om

Pinot W. Ichwandardi said...

Ngga sejadul dedengkot id-apple & id-mac laaahhh.. wakaakakkakakaka.. sapa yaa dedengkotnya??